Portal Conference FMIPA, Seminar Nasional Matematika, Statistika dan Aplikasinya (SNMSA) Tahun 2023

Font Size: 
ANALISIS PENALARAN ANALOGIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI BERDASARKAN GENDER
Eka Hayu

Last modified: 2023-06-15

Abstract


Belum mampunya peserta didik memahami struktur soal, menjelaskan keserupaan atau keterkaitan konsep dan hanya peserta didik tertentu yang mampu memecahkan masalah dalam geometri sehingga tahapan penalaran analogis siswa belum terpenuhi. Tujuan penelitian yaitu menganalisis penalaran analogis siswa dalam memecahkan masalah geometri berdasarkan gender. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penalaran siswa gender perempuan cendrung feminim seperti terlihat tergesa-gesa dan tidak percaya diri dalam menjawab soal yang terjadi pada tahap mapping sehingga siswa tidak mendeskripsikan kesamaan atau analogi yang terkandung, sedangkan pada siswa gender laki-laki lebih maskulin dengan terpenuhinya tahapan penalaran analogis diantaranya encoding, inferring, mapping, dan applying dengan baik. Kesimpulannya bahwa penalaran analogis siswa gender laki-laki maskulin lebih baik dari siswa dengan gender perempuan yang feminim

Keywords


geometri, gender, penalaran analogis