Last modified: 2023-06-15
Abstract
Antrean adalah ilmu pengetahuan tentang bentuk antrean dan orang-orang atau barang dalam menunggu giliran untuk dilayani. Salah satu perusahaan yang memiliki masalah antrean adalah Pramuka Mart. Penelitian ini membahas tentang jumlah rata-rata kedatangan pelanggan, waktu rata-rata pelayanan dan pengoptimalan jumlah kasir yang digunakan menggunakan struktur antrean Multiple Channel Single Phase dengan model antrean M/M/2. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data jumlah kedatangan dan waktu pelayanan yang melakukan pembayaran pada sistem pelayanan kasir di Pramuka Mart. Pengambilan data dilakukan selama 2 minggu yaitu dimulai dari pukul 08.00 WITA hingga 15.00 WITA. Berdasarkan hasil perhitungan kondisi Steady State, diperoleh jumlah rata-rata kedatangan pada kondisi sepi yaitu sebanyak 45 orang, kondisi normal yaitu sebanyak 64 orang, dan kondisi ramai yaitu sebanyak 84 orang. Kemudian, setelah dilakukan perhitungan kondisi Steady State didapat waktu rata-rata pelayanan pelanggan yaitu 68 orang per jam. Selain itu, didapat juga jumlah kasir optimal yang digunakan pada kondisi sepi yaitu sebanyak 2 kasir, kondisi normal yaitu sebanyak 2 kasir, dan kondisi ramai yaitu sebanyak 3 kasir.