Portal Conference FMIPA, Seminar Nasional Matematika, Statistika dan Aplikasinya (SNMSA) Tahun 2023

Font Size: 
Penerapan Model Pembelajaran Think Pare Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Advent 2 Medan
Eliana Jenifer Marbun

Last modified: 2023-06-15

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pare Share (TPS) dikelas VIII SMP Advent  2  Medan.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Advent 2 Medan yang berjumlah 20 orang.  Objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pare Share (TPS).   Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrumen tes berupa soal uraian kemampuan komunikasi matematis dan lembar observasi. Jenis penelitian ini adalah peneltian Tindakan kelas (Classroom Action Research) yaitu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki mutu praktik pembelajaran dikelas. Berdasarkan analisis data kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat dari 66,67 (siklus I) menjadi 75,42 (siklus II) sehingga diperoleh peningkatan rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 8,75. Berdasarkan uraian-uraian diatas disimpulkan komunikasi matematis siswa mengalami peningkatan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pare Share (TPS) dikelas VIII SMP Advent 2 Medan.

Keywords


Kemampuan Komunikasi, Think Pare Share