Portal Conference FMIPA, Seminar Nasional Matematika, Statistika dan Aplikasinya (SNMSA) Tahun 2023

Font Size: 
ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENSTIMULUS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS VII SMP
Zumrotul Istifadah

Last modified: 2023-06-15

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bahan ajar seperti LKPD yang dapat menstimulus kemampuan literasi numerasi siswa. Jenis penelitian ini adalah pengembangan Research and Development (R&D). Subyek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, dan tes. Observasi dilakukan kepada guru dan siswa untuk mendapatkan informasi mengenai bahan ajar yang digunakan pada proses pembelajaran, karakteristik siswa dan kemampuan literasi numerasi siswa saat mengerjakan soal. Penelitian ini memiliki beberapa hasil. Pertama, bahan ajar yang digunakan kurang menstimulus kemampuan literasi numerasi siswa. Kedua, berdasarkan hasil penyebaran soal tes kemampuan literasi numerasi siswa menunjukkan bahwa sebanyak 7% peserta didik masuk kedalam kategori sangat rendah, 46% dalam kategori rendah, 29% dalam kategori sedang, 14% dalam kategori tinggi, dan hanya 4% dalam kategori sangat tinggi. Ketiga, berdasarkan hasil penyebaran angket diperoleh sebanyak 82% peserta didik tertarik menggunakan bahan ajar yang berwarna dan memiliki tampilan yang menarik dan sebanyak 86% siswa mengatakan lebih senang mempelajari matematika menggunakan LKPD. Penelitian ini menyimpulkan bahwa bahan ajar matematika atau LKPD berbasis Realistic Mathematics Education yang dapat menstimulus kemampuan literasi numerasi siswa perlu dikembangkan.

Keywords


bahan ajar matematika, kemampuan literasi numerasi, realistic mathematics education.