Portal Conference FMIPA, Seminar Nasional Matematika, Statistika dan Aplikasinya (SNMSA) Tahun 2023

Font Size: 
Telaah Buku Ajar Matematika dengan Model Challenge Based Learning bernuansa STEM berbantuan Kahoot! terhadap Kemampuan Berpikir Kritis
Annisa Sekar Ayu, Adi Satrio Ardiansyah

Last modified: 2023-06-15

Abstract


Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu dari keterampilan 4C yang dituntut pada abad ke-21. Kemampuan berpikir kritis membantu siswa secara efektif menangani masalah sosial, ilmiah dan praktis di masa depan. Oleh karena itu, pada abad ke-21 ini kemampuan berpikir kritis siswa sangat dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah buku ajar dengan model Challenge Based Learning bernuansa STEM berbantuan Kahoot! terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan studi literatur dari beberapa artikel nasional maupun internasional. Model Challenge Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis karena membuat siswa aktif belajar, karena siswa memikirkan bagaimana memecahkan masalah yang dihadapinya. Berdasarkan penelitian sebelumnya, aspek-aspek dari STEM juga baik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa karena siswa berpikir dari sudut pandang yang berbeda sehingga siswa terbiasa berpikir kritis. Aplikasi Kahoot! akan menampilkan situasi tantangan pada saat pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil menunjukkan buku ajar dengan model CBL bernuansa STEM berbantuan Kahoot! dapat menjadi solusi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Lebih lanjut, dapat dikembangkan bahan ajar model Challenge Based Learning bernuansa STEM berbantuan Kahoot! terhadap kemampuan berpikir kritis  siswa.


Keywords


Buku Ajar, Challenge Based Learning, Kahoot!, Kemampuan Berpikir Kritis, STEM