Portal Conference FMIPA, Seminar Nasional Matematika, Statistika dan Aplikasinya (SNMSA) Tahun 2023

Font Size: 
Peran Bahan Ajar Matematika terintegrasi Challenge Based Learning bernuansa STEM Berbantuan Quiziz terhadap kemampuan berpikir kritis
Eni Puji Lestari, Adi Satrio Ardiansyah

Last modified: 2023-06-15

Abstract


Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan di abad ke-21. Namun, keadaan peserta didik di Indonesia berbanding terbalik dengan tuntutan abad ke-21 dimana kemampuan berpikir kritis peserta didik masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan secara deskriptif peran dari bahan ajar matematika terintegrasi Challenge Based Learning (CBL) bernuansa Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) berbantuan Quiziz terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini disusun dengan pendekatan studi literature yang kemudian data dianalisis secara deskriptif dengan mengemukakan fakta-fakta atau temuan yang kemudian ditinjau secara teoritis. Model Challenge Based Learning (CBL) dapat memberdayakan berpikir kritis karena dalam sintaksnya menggabungkan aspek penting yang difokuskan pada permasalahan nyata. Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) juga berfokus pada pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari di dunia nyata sehingga peserta didik berpikir bagaimana memecahkan masalah yang dihadapi, dalam proses pemecahan masalah terjadi suatu proses berpikir tingkat tinggi yaitu berpikir kritis. Media Quiziz dapat membentuk daya berpikir kritis saat menjawab pertanyaan kuis. Oleh karena itu, bahan ajar matematika yang terintegrasi Challenge Based Learning (CBL) bernuansa Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) berbantuan Quiziz berperan dan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Peneliti merekomendasikan dilakukannya penelitian serupa terkait adanya pengembangan bahan ajar tersebut yang difokuskan untuk jenjang pendidikan tertentu.

Kata Kunci: STEM, Challenge Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Quiziz


Keywords


STEM, Challenge Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Quiziz